Memilih Pompa Dosing

Penambahan bahan kimia ke dalam proses pengolahan air limbah (misalnya koagulan, pengatur pH, desinfektan, nutrien, dan lain-lain) memerlukan pompa dosing untuk menjamin akurasi dosis bahan kimia yang diberikan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih pompa dosing yang diambil dari www.walchem.com

Jenis bahan kimia dan konsentrasi yang dipompa
Pompa dengan material tertentu dapat bekerja dengan baik untuk satu bahan kimia namun belum tentu untuk bahan kimia lainnya. Begitu pula dengan konsentrasi, karena bisa saja pada konsentrasi rendah pompa dengan material tertentu dapat bekerja baik namun tidak pada konsentrasi bahan kimia yang lebih tinggi.

Output bahan kimia yang diinginkan
Hal ini akan mempengaruhi rentang kapasitas pemompaan, apakah pada rentang 70-80% atau memerlukan rentang yang lebih lebar dengan kapasitas pemompaan yang lebih kecil.

Besarnya tekanan dimana pompa akan dioperasikan
Hal ini diperlukan untuk menghindari terlalu rendah maupun terlalu tingginya kemampuan tekanan pompa relatif terhadap jalur pengoperasian pompa

Mode pengendalian pompa
Apakah Anda memerlukan pompa yang dikendalikan secara manual, digital, atau input analog.

Lokasi penyimpanan pompa
Jangan lupa memperhatikan bahwa bahan kimia tertentu tidak boleh terkena sinar matahari maupun air secara langsung. Sangatlah baik apabila Anda menyediakan rumah pompa atau semacam pelindung agar pompa tidak terekspos langsung dengan lingkungan.

Kekentalan cairan yang dipompa
Berbicara mengenai kekentalan cairan (viskositas) tidak hanya penting dari segi jenis pompa yang digunakan, akan tetapi penting juga memperhatikan temperatur udara sekitar karena viskositas dapat berubah seiring dengan perubahan temperatur.

Ada tidaknya gas yang dihasilkan oleh bahan kimia
Beberapa bahan kimia mengemisikan gas sehingga dapat merusak kinerja pompa tertentu. Oleh sebab itu amatlah penting untuk memilih pompa yang dilengkapi katup pelepas gas otomatis.

Biaya yang tersedia dan fitur yang diperlukan
Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya memegang peranan penting dalam penyediaan perlengkapan di instalasi pengolahan air limbah. Cermatlah dalam memilih fitur yang diperlukan agar pengadaan pompa tetap sesuai dengan dana yang tersedia.

Sumber:
http://www.walchem.com/literature/Pumps/Choosing%20the%20correct%20MP.pdf, diakses 5 Juli 2016

Sumber gambar:
www.walchem.com

About Muti 132 Articles
Has a background in Environmental Engineering, loves to write, and her interest in everything related to wastewater brought her to write in this blog

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*