Sedikit Lebih Jauh Mengenai PHA

Granula PHA dilihat di bawah mikroskop elektron (kiri) dan mikroskop cahaya (kanan). Sumber: Polyferm Canada

Seperti telah dibahas pada artikel sebelumnya (lihat Plastik dari Lumpur Aktif), ternyata air limbah bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan bioplastik yaitu PHA. Kali ini saya ingin berbagi beberapa info mengenai PHA antara lain keunggulan, kelompok PHA, dan bakteri yang dapat mengakumulasi PHA di dalam selnya. Semoga bermanfaat!

Polyhydroxyalkanoate atau disingkat PHA merupakan biopoliester yang disintesa oleh bakteri dan disimpan sebagai cadangan energi di dalam sel bakteri. PHA dikenal juga dengan istilah bioplastik karena memiliki sifat-sifat yang serupa dengan plastik konvensional (yang bersumber dari minyak bumi atau disebut petroleum based plastic). Bedanya, karena polyester ini disintesa oleh bakteri maka PHA memiliki keunggulan yaitu mudah untuk didegradasi secara biologi (biodegradable). Jika dirangkum, beberapa keunggulan dari PHA dibanding plastic konvensional adalah sustainable, biodegradable, dan biocompatible(Polyferm Canada). Pembentukan PHA dapat dilakukan oleh beragam jenis bakteri dengan berbagai sumber karbon sehingga plastik berbahan PHA lebih sustainable karena tidak menggunakan minyak bumi yang keberadaannya kian langka. PHA dapat diuraikan di alam melalui proses degradasi enzimatik yang dilakukan oleh berbagai mikroorganisme baik yang berada di tanah, kompos, sungai, danau, atau lautan. Hasil penguraian enzimatik tersebut adalah air dan karbondioksida. Banyak studi yang menyebutkan bahwa PHA dapat secara perlahan terurai dan terserap di dalam tubuh makhluk hidup.

PHA umumnya dikelompokkan menjadi dua golongan berdasarkan jumlah rantai karbon di dalam tiap unitnya yaitu PHA rantai pendek (short-chain-length, SCL-PHA) dan PHA rantai sedang (medium-chain-length, MCL-PHA). Jumlah rantai karbon pada SCL-PHA adalah sebanyak 4 atau 5 sementara itu pada MCL-PHA terdapat 6 atau lebih rantai karbon. Kelompok bakteri yang dapat mengakumulasi PHA dapat dilihat pada tabel berikut.

Genus Bakteri Pengakumulasi PHA (Braunegg, 2004)

Sumber:

* Polyferm Canada

*G. Braunegg, R. Bona, M. Koller. Sustainable Polymer Production. Polymer-Plastics Technology and Engineering 2004; 43:1779a��1793.

About Muti 133 Articles
Has a background in Environmental Engineering, loves to write, and her interest in everything related to wastewater brought her to write in this blog

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*