air limbah

membagi informasi tentang air limbah

Setiap instalasi pengolahan air limbah pasti memiliki SOP (Standard operating procedure) sebagai acuan bagi operator untuk melaksanakan tugasnya. Kali ini saya ingin berbagi beberapa tips mengenai pembuatan SOP. Semoga bermanfaat!

Nama

SOP harus memiliki judul yang jelas yang menyertakan jenis aktivitas, peralatan maupun proses yang spesifik bagi aktivitas yang dimaksud. Pemilihan kata-kata sebaiknya konsisten agar operator familiar dan terbiasa dengan istilah yang digunakan. Judul yang spesifik diperlukan untuk membedakan prosedur di tempat yang satu dengan yang lainnya.

Deskripsi Kegiatan Beserta Maksud

Di dalam SOP harus disertakan deskripsi mengenai aktivitas berikut alasan dilakukannya aktivitas tersebut. Dengan dijelaskannya maksud suatu kegiatan, operator akan memahami pentingnya melaksanakan aktivitas tersebut.

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan

Tujuan aktivitas harus dijabarkan secara jelas dan ringkas dan berfungsi untuk menerangkan pencapaian dari suatu aktivitas. Contohnya: Tujuan pembersihan tangki adalah agar proses pengecekan bagian dalam tangki mudah dilakukan.

Aspek Bahaya dan Keselamatan Kerja

Penyusunan SOP harus memperhatikan aspek bahaya dan keselamatan kerja bagi pelaksana aktivitas. Oleh sebab itu di dalam SOP perlu dibuat semacam daftar aktivitas yang berpotensi menimbulkan bahaya agar tindakan preventif dapat dilakukan.

Peralatan dan Perlengkapan yang Diperlukan

Melakukan perincian peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam melakukan suatu aktivitas dapat mempermudah operator dalam melakukan tugasnya. Dengan demikian pekerjaan akan semakin efisien.

Frekuensi Aktivitas

Di dalam SOP perlu dijelaskan seberapa sering suatu aktivitas harus dilakukan. Misalnya sehari tiga kali, seminggu sekali, dsb.

Foto atau Gambar

Foto dan/atau gambar dapat memperjelas suatu SOP dan mempermudah operator dalam melakukan aktivitas, misalnya lokasi tangki, valve, maupun peralatan lain.

Daftar Induk

Daftar induk aktivitas harus ada di setiap instalasi dan mudah diakses bagi setiap operator dan orang-orang yang berkepentingan. Di dalam daftar ini juga harus dicantumkan versi (revisi ke-) dari SOP tersebut agar operator dapat mengetahui SOP mana saja yang mengalami perubahan.

Kepengarangan

Penyusun SOP harus orang yang benar-benar memahami proses. SOP harus diperbarui secara berkala dan harus ada tim peninjau SOP.

Tahapan Aktivitas

Aktivitas yang dicantumkan harus dijabarkan secara urut. Di dalamnya juga dapat ditambahkan catatan khusus untuk membantu operator yang baru pertama atau jarang melakukan aktivitas tersebut.

Sumber:

WWW.WEF.ORG/MAGAZINE (Edisi Februari 2013, diakses 13 Maret 2013)

Posted by Muti On March - 15 - 2013 uncategorized

Leave a Reply


1 + 2 =

VIDEO

TAG CLOUD

POPULAR