Keselamatan Kerja di Instalasi Pengolahan Air Limbah

Berikut ini adalah beberapa tips berkaitan dengan keselamatan kerja bagi para operator di instalasi pengolahan air limbah yang saya kutip dari Department of Environmental Protection Pennsylvania:

  1. Mencuci tangan dengan benar (sela-sela jari dan bagian bawah kuku) secara berkala dengan sabun anti bakteri. Hal ini terutama sebelum makan dan minum.
  2. Luka yang sifatnya terbuka harus terlindungi dari lingkungan luar
  3. Hindari kontak langsung dengan air limbah dengan cara memakai sarung tangan karet dan pakaian pelindung selama bekerja
  4. Cuci pakaian kerja secara berkala dan jangan mengenakan pakaian kerja yang sudah terkontaminasi. Pencucian pakaian kerja sebaiknya dilakukan di lokasi kerja dan tidak dibawa pulang.
  5. Selalu membersihkan diri (mandi) di penghujung shift
  6. Hindari memiliki kuku tangan yang panjang dan kebiasaan menggigit kuku
  7. Hindari menaruh tangan/jari pada mulut, hidung, mata, atau telinga
  8. Memahami bahaya yang terdapat di tempat-tempat tertutup (misalnya: manhole, gorong-gorong, tangki penyimpanan, stasiun pompa, digester, wetwells). Sebaiknya operator diberi kelengkapan berupa alat deteksi gas personal apabila bekerja di tempat tertutup.
  9. Sekeliling tangki harus dilengkapi dengan pagar pembatas. Apabila operator harus bekerja di dalam pagar pembatas maka harus dilengkapi dengan tali dan jaket pelampung. Pelampung penyelamat harus diletakkan di lokasi yang mudah diakses.
  10. Material safety data sheet (MSDS) harus dibaca dan dipahami sebelum menggunakan bahan-bahan kimia. Salinan MSDS bagi semua bahan kimia harus mudah diakses baik bagi operator maupun anggota regu tanggap darurat.
  11. Pergunakan alat pelindung diri (personal protective equipment, PPE) sesuai dengan petunjuk pada MSDS bahan kimia yang dipergunakan
  12. Segera membersihkan tumpahan bahan kimia
  13. Kenali dan pahami teknik mengangkat benda-benda berat
  14. Menerapkan program keselamatan kerja
  15. Menetapkan kebijakan pemantauan kesehatan pekerja secara berkala terutama bagi pekerja yang menangani bahan-bahan berbahaya

 

Walaupun bukan merupakan peraturan baku dan tidak semua aspek dipaparkan, semoga tips tersebut bisa menambah pengetahuan kita semua dalam praktik safety di IPAL.

About Muti 128 Articles
Has a background in Environmental Engineering, loves to write, and her interest in everything related to wastewater brought her to write in this blog

3 Comments on Keselamatan Kerja di Instalasi Pengolahan Air Limbah

    • Saya persilahkan untuk rekan2 yang sudah berpengalaman untuk berbagi ilmunya di sini.

      @Wisnu: Jangan lupa subscribe biar update terus dengan info2 terbaru dari airlimbah.com
      siapa tahu nanti ada info yang ditunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*