air limbah

membagi informasi tentang air limbah

Bagi para praktisi di lapangan, penggunaan handheld meter tentu bukan merupakan hal yang asing lagi. Handheld meter dikenal juga dengan portable meter, yaitu alat untuk membaca hasil dari pengukuran probe (sensor) tertentu dengan ukuran yang nyaman untuk dibawa kemana-mana. Handheld tentunya tidak lebih besar dari genggaman telapak tangan. Ada lagi alat portable yang dinamakan pocket meter. Nah, kalau yang satu ini lebih kecil lagi, karena cukup untuk disimpan di saku kemeja. Walaupun sama-sama mudah dibawa-bawa, pocket meter lebih sederhana daripada handheld meter baik dari segi parameter yang diukur maupun range pengukuran-nya.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa jenis handheld meter yang bermanfaat untuk pemantauan proses pengolahan air limbah.

1. pH

Sudah tidak asing lagi, rasanya setiap instalasi pengolahan limbah pasti memiliki alat ukur pH. Memang, parameter yang satu ini merupakan parameter yang mutlak untuk dipantau dalam pengolahan air limbah. pH akan berdampak pada efektivitas pengolahan bagik yang menggunakan proses biologi maupun kimia. Pada proses biologi, pH harus dipantau karena mikroorganisme memerlukan pH tertentu untuk dapat hidup. Demikian pula halnya dengan proses kimia, dimana bahan-bahan kimia atau reaksi kimia tertentu sangat bergantung pada pH.

2. Dissolved Oxygen (DO)

Alat ukur oksigen terlarut ini akan sangat dibutuhkan bagi instalasi yang mengaplikasikan pengolahan aerob untuk memantau konsentrasi oksigen terlarut di dalam tangki aerasi mereka. TIdak perlu kuatir sensor rusak akibat kerasnya impact gerakan air akibat surface aerator, saat ini telah tersedia sensor DO yang dirancang khusus untuk penggunaan di lapangan dan dilengkapi dengan pelindung dari karet.

3. Conductivity

Ternyata pemantauan konduktivitas juga diperlukan di dalam pengolahan air limbah. Pengukuran konduktivitas dapat memantau proses pengolahan yang memerlukan penyisihan nutrien dengan proses biologi.

4. Oxidation Reduction Potential

Pemantauan ORP di dalam pengolahan limbah akan bermanfaat dalam proses biologi, penyisihan nutrien (N maupun P), serta klorinasi.

5. TSS portable handheld

Pemantauan TSS di tangki pengolahan kini dapat dilakukan di lapangan menggunakan handheld meter karena kini telah tersedia alat ukurnya. Jangan lupa kalibrasi! Ya…alat ukur yang satu ini perlu dikalibrasi dengan data analisis TSS di laboratorium agar dapat dipakai di lapangan

Saat ini sudah cukup banyak tersedia all-in-one meter atau multi-parameter meter untuk membaca hasil pengukuran dari berbagai probe (sensor). Jadi pada dasarnya tidak harus memiliki satu alat baca untuk sensor yang berbeda-beda. Mau pilih yang mana? Itu semua terserah Anda, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Posted by Muti On May - 21 - 2012 Parameter Air Limbah

2 Responses to “Berbagai Handheld Meter untuk Memantau Proses Pengolahan Air Limbah”

  1. ALI says:

    bisa di kasih info, handheld untuk cod / bod ?

  2. Muti says:

    @ Ali: sepengetahuan saya analisis COD dapat dilakukan dengan bantuan colorimeter atau spectrophotometer. Kalau menginginkan yang dapat dibawa ke lapangan tentu bisa dipilih tipe yang portable.
    Untuk analisis BOD, ada meter dan probe yang didesain khusus untuk mengakomodasi analisis BOD. Sebenarnya, probe yang digunakan adalah probe untuk mengukur kandungan oksigen terlarut (dissolved oxygen) jadi hasil yang terlihat pada meter adalah konsentrasi DO-nya. dengan kombinasi probe+meter ini, diukur DO pada hari pertama, lalu sampel diinkubasi pada 20 derajat celcius (hal ini wajib dilakukan untuk analisis BOD), kemudian pada hari kelima dicek lagi DO-nya lalu dilakukan perhitungan BOD. Jangan lupa, analisis BOD yang sesuai dengan Standard Method menghendaki pengadukan (stirring) sampel .

Leave a Reply

VIDEO

TAG CLOUD

POPULAR