Proses Dasar Pengolahan Air Limbah

Metode pengolahan air limbah dilakukan sesuai dengan karakteristik pencemar yang terkandung di dalamnya. Terdapat tiga proses dasar yang digunakan dalam pengolahan air limbah, yaitu proses fisika, kimia, dan biologi.
Proses Fisika
Proses fisika digunakan untuk menyisihkan polutan yang berupa solid (padatan). Proses ini melibatkan fenomena fisik seperti pengendapan maupun pengapungan. Penyisihan padatan memanfaatkan berat jenis padatan. Jika berat jenisnya lebih besar dari air, maka proses penyisihannya dilakukan melalui pengendapan. Sebaliknya, jika berat jenisnya lebih rendah dari air, proses penyisihan dilakukan melalui proses pengapungan.
Proses Kimia
Dalam proses kimia, pengolahan limbah dilakukan dengan cara menambahkan bahan-bahan kimia tertentu ke dalam air limbah untuk menggabungkan atau mengikat partikel-partikel sehingga akhirnya memiliki massa yang lebih besar . Partikel gabungan ini biasa disebut flok. Flok yang terbentuk kemudian disisihkan dari dalam air limbah melalui proses pengendapan.
Proses Biologi
Pengolahan air limbah dengan proses biologi memanfaatkan mikroorganisme untuk mengkonsumsi polutan-polutan yang berupa zat organik. Zat-zat organik ini merupakan makanan bagi mikroorganisme yang diperlukan untuk pertumbuhan. Jenis pengolahan secara biologi dapat dibedakan berdasarkan cara mikroorganisme tumbuh di dalam unit pengolahan limbah. Cara tumbuh mikroorganisme dapat secara melekat (attached growth) maupun tersuspensi (suspended growth). Mikroorganisme yang tumbuh secara melekat akan membutuhkan media sebagai tempat menempel. Media-media yang ditumbuhi mikroba tersebut nantinya akan berfungsi sebagai filter untuk menyaring polutan dari dalam air limbah.

8 thoughts on “Proses Dasar Pengolahan Air Limbah

  1. Nice posting, lanjutkan postingan mu. Tapi mau tanya donk adakah pengaruh negatif dari pemrosesan air menggunakan bahan/zat kimia. Karena seperti yang kita tahu penggunaan zat kimia pada bahan2 pemenuhan kebutuhan manusia biasanya memiliki dampak negatif buat tubuh kita…..

    salam kenal….

  2. @ Heri Suheri:
    Pengolahan menggunakan bahan kimia itu akan berdampak negatif pada tubuh kalau penggunaannya berlebihan. Selain itu, kalau pemakaian bahan kimia berlebih akan berdampak pada tingginya biaya pengolahan.
    Makasi comment-nya.

    1. Hai, Alyn
      Makasi comment-nya. Riset mengenai pemanfaatan lumpur dari proses activated sludge (lumpur aktif) sudah cukup banyak. Akan tetapi, pada banyak kasus lumpur tidak dapat langsung dimanfaatkan karena selain kandungan air sangat tinggi, di dalam lumpur juga terkandung komponen kimia hasil pengendapan air limbah. Untuk itu, diperlukan adanya pengolahan lumpur yang tujuannya selain mengurangi kadar air lumpur juga untuk menstabilkan komponen kimia di dalam lumpur.
      Salah satu contoh pemanfaatan lumpur adalah dengan pembaruan energi (silakan lihat di artikel Pembaruan Energi dari Sludge). Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *